Faktor Yang Mempengaruhi Interaksi Sosial (Pelajaran IPS SMK Kelas 10)

Faktor Yang Mempengaruhi Interaksi Sosial (Pelajaran IPS SMK Kelas 10) ~ KamuBisa-iO. Dalam proses interaksi sosial terjadi peristiwa saling meniru, saling memberi dan menerima, saling mempengaruhi. Jadi faktor - faktor yang mempengaruhi interaksi sosial yaitu imitasi, sugesti, identifikasi, simpati dan empati.

Faktor Yang Mempengaruhi Interaksi Sosial (Pelajaran IPS SMK Kelas 10)

Faktor Yang Mempengaruhi Interaksi Sosial

c. Identifikasi
Identifikasi adalah kainginan dalam diri untuk menjadi sama dengan orang lain atau kelompok lain. Dalam proses identifikasi proses peniruan dilakukan secara keseluruhan. Identifikasi ini dapat mempengaruhi pembentukan kepribadian seseorang. Prosesnya dapat berlangsung secara sadar atau tidak. Ini terjadi karena orang memerlukan tipe-tipe atau model-model ideal untuk dicontoh dalam kehidupannya.

Orang yang melakukan identifikasi,menganggap tokoh panutan atau idolanya memiliki kelebihan sehingga dijadikan contoh atau taladan. Kedudukan sebagai bintang film tenar, guru yang bijaksana, pemimpin Negara yang kharismatik, atau orang tua yang baik dan saleh seringkali dijadikan tokoh identifkasi oleh generasi muda.

d. Simpati
Simpati adalah perasaan suka dan tertarik pada suatu sikap dan pola perilaku seseorang atau kelompok. Sompati merupakan proses yang seolah-olah terlarut dalam perasaan, pikiran, kebahagiaan, atau kesedihan oran lain. Misalnya, seseorang ikut merasakan, sakit dan sedih atas musibah yang di alami oleh temannya. Orang itu mungkin akan ikut menangis dan berusaha menghibur teman atau sahabat terkena musibah. Simpati sagat penting dalam menjalin hubungan dan komunikasi sosial.

Simpati terjadi pada hubungan sosial antarteman sebaya, antartetangga, atau antarkerabat. Simpati terjadi akibat hubungan sosial yang terlalu lama, akrab, dan mendalam. Dua orang remaja putrid yang telah lama bersahabat biasanya akan terlarut dalam kesedihan jika mereka harus berpisah jauh. Isak tangis biasanya mewarnai suasna perpisahan mereka.

e. Empati
Empati adalah perasaan ketertarikan yang mendalam terhadap orang lain atau kelompok lain. Empati lebih tinggi derajadnya dibaanding simpati. Empati mempengaruhi juwa seseorang. Sebagai contoh empati adalah seorang ayah yang akan merasakan penderitaan anaknya yang sedang mengalami sakit keras di rumah sakit.

Demikian artikel Faktor Yang Mempengaruhi Interaksi Sosial (Pelajaran IPS SMK Kelas 10),  Semoga bermanfaat. Untuk melihat seluruh materi Ilmu Pengetahuan Sosial dapat dilihat di >> Materi Ilmu Pengetahuan Sosial 
Faktor Yang Mempengaruhi Interaksi Sosial (Pelajaran IPS SMK Kelas 10) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments