Pengertian Hak Asasi Manusia dan Jenis-jenis Hak Asasi Manusia (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 7)

Sejarah Singkat Perjuangan Hak Asasi Manusia (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 7) ~ KamuBisa-iO. Hak asasi manusia dulu biasanya diperjuangkan untuk melawan kezaliman penguasa.
Adapun perjuangan serta perkembangan hak asasi manusia yaitu seperti berikut ini.

Sejarah Singkat Perjuangan Hak Asasi Manusia (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 7)

Sejarah Singkat Perjuangan Hak Asasi Manusia (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 7)

a. Th. 1215 (lnggris)
Hak asasi manusia diperjuangkan pertama kali di negara lnggris karenanya ada Magna Charta yang bermakna tindakan raja tidak bisa sewenang-wenang lagi. Lihat : Faktor Yang Mempengaruhi Interaksi Sosial

b. Th. 1776 (Amerika)
Pada th. ini Amerika membebaskan diri dari kekuasaan lnggris dengan mengeluarkan Declaration of lndependence. Perjuangan hak asasi manusia di Amerika Serikat dijalankan oleh rakyat Amerika yang datang dari Eropa sebagai imigran yang tertindas pemerintahan lnggris. Saat itu Amerika adalah daerah jajahan lnggris.

c. Th. 1789 (Prancis)
Pada saat Revolusi Prancis dirumuskan Dectaration des Drolts de! Homme et Du Citoyen yakni pernyataan tentang hak-hak asasi manusia dan warga negara. Revolusi Prancis menjadi salah satu tonggak perjuangan HAM dengan semboyannya yang populer yakni kebebasan, kesetaraan, dan persaudaraan.

d. The Four Freedom
The Four Freedom yaitu empat jenis kebebasan yang dikemukakan oleh Presiden
AS Franklin D. Roosevelt pada th. 1941. Empat kebebasan itu yakni :
1) Kebebasan berbicara dan menyatakan pendapat (freedom of speech and expression)
2) Kebebasan beragama (freedom of retigion)
3) Kebebasan dari rasa takut (freedom from fear)
4) Kebebasan dari kekurangan dan kelaparan (freedon from want).

e. Tanggal l8 Agustus 1945 (lndonesia)
Dengan disahkan UUD 1945 termasuk Pembukaan UUD 1945, pada alinea pertama disebutkan "bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan." Hal itu menunjukkan bahwa lndonesia mengakui hak asasi manusia,dan sejak tanggal 17 Agustus 1945 bangsa lndonesia menjadi bangsa yang merdeka.

f. Tanggal 10 Desember 1948 (PBB)
Komisi hak-hak asasi manusia (Commission of Human Right) yang beranggotakan 18 orang telah terbentuk pada tahun 1946 dan memulai sidang pada bulan Januari 1947. Pada tanggal 10 Desember 1948, komisi menghasilkan sebuah deklarasi universal. tentang hak asasi manusia Atau Universal Declaration of Human Right (UDHR) yang diterima pada sidang umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
Demikian artikel Sejarah Singkat Perjuangan Hak Asasi Manusia (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 7), Semoga bermanfaat. Untuk melihat seluruh materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dapat dilihat di >> Materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Pengertian Hak Asasi Manusia dan Jenis-jenis Hak Asasi Manusia (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 7) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments