Peran Bank Sentral dan Umum (Materi Pelajaran Ekonomi Kelas 10)

Peran Bank Sentral dan Umum (Materi Pelajaran Ekonomi Kelas 10) ~ KamuBisa-iO. Peran Bank Sentral dan bank umum sangatlah penting bagi suatu negara. Masing-masing mempunyai peran dalam pembangunan terutama dalam bidang finansial.

Peran Bank Sentral dan Umum (Materi Pelajaran Ekonomi Kelas 10)

Peran Bank Sentral dan Umum (Materi Pelajaran Ekonomi Kelas 10)
Peran Bank Sentral dan Umum (Materi Pelajaran Ekonomi Kelas 10)

Peran Bank Sentral

Di bawah ini adalah peran bank central bagi pemerintah.

a. Sebagai bank sirkulasi
Satu-satunya bank yang mempunyai hak tunggal untuk mencetak dan mengedarkan uang kertas dan uang logam, yang merupakan alat pembayaran yang sah di wilayah NKRI adalah Bank Indonesia.

b. Bank Indonesia sebagai bank sentral yang memiliki wewenang :
  • menetapkan regulasi, memberikan, dan membuat ijin atas kelembagaan dan kegiatan usaha perbankan, melaksanakan pengawasan serta mengenakan sanksi jika dianggap perlu kepada bank-bank umum;
  • menetapkan pembatasan kuantitatif dan kualitatif atas pemberian kredit oleh perbankan;
  • memberikan bantuan kredit likuiditas kepada bank-bank umum.
  • mengatur lalu lintas pembayaran giral dan kliring antarbank;
  • menetapkan tingkat dan struktur bunga diskonto;
c. Bank Indonesia bertindak sebagai pemegang kas negara.

d. Dalam kaitannya dengan dunia internasional
BI melaksanakan kebijakan tukar rupiah, mengawasi, dan mengoordinasi pembayaran internasional, mengelola cadangan devisa, dan memelihara keseimbangan neraca pembayaran.

Peran Bank Umum

Berikut ini merupakan peran bank umum antara lain:

a. Menyediakan Berbagai Jasa Perbankan
Bank umum sebagai penyedia jasa, baik di bidang yang ada kaitannya dengan keuangan atau yang tidak ada kaitannya. Jasa yang diberikan bank yang dimaksud seperti pengiriman uang dari satu tempat ke tempat lain, pembukaan letter of credit, jual beli dan pelayanan cek perjalanan, kartu kredit, ATM, dan sebagainya.

b. Sebagai Jantungnya Perekonomian
Uang akan mengalir ke dalam bank, lalu oleh bank akan diedarkan kembali ke dalam sistem perekonomian agar proses perekonomian tetap berjalan terus menerus. Sehingga sistem perbankan suatu negara penting bagi perekonomian negara.

c. Melaksanakan Kebijakan Moneter
Bank umum berperan juga sebagai wahana untuk mengefektifkan kebijaksanaan pemerintah melalui pengendalian jumlah uang yang beredar. Cara bank umum mengefektifkan kebijakan moneter yaitu dengan menjalankan kebijaksanaan bank sentral.
Demikian artikel Peran Bank Sentral dan Umum (Materi Pelajaran Ekonomi Kelas 10), semoga bermanfaat. Baca selengkapnya tentang artikel ekonomi di >> Materi Ekonomi
Peran Bank Sentral dan Umum (Materi Pelajaran Ekonomi Kelas 10) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments