Pengertian Nomor Atom dan Nomor Massa (Pelajaran Fisika Kelas 8)

Pengertian Nomor Atom dan Nomor Massa (Pelajaran Fisika Kelas 8) ~ KamuBisa iO. Dengan adanya penomoran dari unsur-unsur maka dapat dipakai untuk membedaka sifat-sifat dari unsur yang satu dengan yang lainnya terutama untuk mengetahui jumlah proton, jumlah netron dan jumlah elektron serta untuk menghitung jumlah massa dari masing-masing unsur. Berikut ini akan kita bahas tentang nomor atom dan nomor massa.

Pengertian Nomor Atom dan Nomor Massa (Pelajaran Fisika Kelas 8)

Rumus :
Pengertian Nomor Atom dan Nomor Massa (Pelajaran Fisika Kelas 8)

 Z = Nomor atom
X = Lambang atom unsur
A = Nomor massa

Nomor Atom (Z)

  • Nomor atom adalah menunjukkan jumlah proton yang ada di dalam inti sebuah atom suatu unsur.
  • Menunjukkan jumlah elektron yang mengelilingi inti atom suatu unsur. Untuk atom netral jumlah proton adalah sama dengan jumlah elektronnya atau muatan positifnya adalah sama dengan muatan negatifnya.
  • Tata cara penulisan   nomor atom adalah agak kecil dan agak ke bawah di depan lambang atom unsur

Nomor Massa (A)

  • Nomor massa adalah menunjukkan jumlah nukleon yaitu jumlah proton ditambah dengan jumlah netron yang ada di dalam inti sebuah atom suatu unsur
  • Karena jumlah proton sudah diketahui dari nomor atomnya (z) maka jumlah netronnya dapat dihitung  dengan menggunakan rumus nomor massa dikurangi nomor atom atau jika diringkas dengan rumus adalah A-Z.
  • Tata cara penulisan nomor massa yaitu ditulis agak kecil dan juga agak ke atas di belakang lambang atom unsurnya atau agak kecil dan agak ke atas di depan lambang atom.

Pengertian Nomor Atom dan Nomor Massa (Pelajaran Fisika Kelas 8) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments