Definisi & Pengertian Akomodasi Sosial (Pelajaran IPS SMK Kelas 10)

Definisi & Pengertian Akomodasi Sosial (Pelajaran IPS SMK Kelas 10) ~ KamuBisa-iO. Akomodasi sosial adalah proses meredakan pertentangan untuk mendapatkan situasi yang stabil. Jika dua orang atau dua kelompok saling bertentangan maka bakal berlangsung proses akomodasi.

Definisi & Pengertian Akomodasi Sosial (Pelajaran IPS SMK Kelas 10)




Definisi & Pengertian Akomodasi Sosial

Baca : Pengertian Interaksi Sosial


Bentuk-beotuk akomodasi sosial, antara lain seperti berikut :
a) pemaksaan (coercion), yaiu. : usaha meredakan pertentangan dengan paksaan. Pemaksaan umumnya dikerjakan oleh pihak yang kuat (mayoitas) terhadap pihak yang lemah (minoritas)
b) Kompromi (compromise). yakni pengurangan tuntutan dari ke-2 pihak untuk meraih suatu  penyelesaian. Kompromi bisa terwujud dikarenakan ke-2 pihak tidak ingin meneruskan pertikaian.
c) Arbitrasi (arbitration) yakni penyelesaian pertentangan atau perseteruan oleh pihak ketiga yang dipilih oleh ke-2 pihak yang bertikai.
d) Mediasi (mediation) yakni penggunaan pihak ketiga sebagai mediator yg tidak memihak dalam merampungkan suatu pertikaian. Pihak ketiga juga sebagai penasihat atau mediasi tdk turut memutuskan.
e) Konsiliasi (conciliation), yakni usaha mempertemukan keinginan-keinginan dari pihak-pihak yang bersalisih untuk meraih penyelesaian permasalahan.
f) Toleransi (tolerance) yakni menghindarkan diri dari perselisihan atau berlaku saling menghargai untuk meredakan pertentangan
g) Stalemate, yakni usaha ke-2 pihak untuk hentikan sendiri pertikaian, lantaran masing-masing mempunyai kekuatan yang seimbang.
h) Ajudikasi (adjudication). yakni usaha penyelesaian perkara lewat pengadilan.
i) Segresi (segretion), yakni usaha penyelesaian sengketa dengan cara rnasing-masing pihak saling menghindari konflilk supaya tak berkepanjangan.
j) Eliminasi (elimination). Yakni usaha penyelesaian sengketa dengan cara salah satu pihak bersedia mengalah, mohon maaf. atau mengundurkan diri dari persaingan.
k) Keputusan mayoritas (majority deciation) yakni suatu keputusan yang di ambil dengan menghimpun suara  yang paling banyak.
k) Gencatan senjata (ceasefire), yakni usaha penangguhan permusuhan untuk periode waktu tertentu dalam meraih penyelesaian lewat perundingan.
Lihat juga : Pengertian Kerjasama Sosial
Demikian artikel Definisi & Pengertian Akomodasi Sosial (Pelajaran IPS SMK Kelas 10),  Semoga bermanfaat. Untuk melihat seluruh materi Ilmu Pengetahuan Sosial dapat dilihat di >> Materi Ilmu Pengetahuan Sosial.
Definisi & Pengertian Akomodasi Sosial (Pelajaran IPS SMK Kelas 10) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments