Definisi & Pengertian Kedaulatan (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas 8)

Definisi & Pengertian Kedaulatan (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas 8) ~ KamuBisa-iO. Pengertian kedaulatan tidak bisa di pisahkan dari pengertian Negara. Menurut Jean Bodin, kedaulatan yaitu kekuasaan paling tinggi dlm sesuatu negara. Arti kedaulatan dlm hal ini sama juga dengan pengertian sovereignty yg bermakna atas. Jadi isovereignty memiliki kandungan makna superiority atau supremacy. Sovereignty atau kedaulatan yaitu salah satu ketentuan berdirinya satu negara. Pemerintah dlm hal suatu negara mesti mempunyai kewibawaan (authority) yg tinggi (supreme) serta tidak terbatas (unlimited). Didalam pembukaan UUD45 dinyatakan “ Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa. Dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan”. Pernyataan bangsa Indonesia ini adalah hal yg strategis. Otomatis hal ini memberi informasi perihal perlunya pernyataan pengakuan serta penghormatan negara lain.

Definisi & Pengertian Kedaulatan (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas 8)

Pengertian Kedaulatan

Ada beragam kedaulatan yg digunakan di berbagai negara didunia, seperti kedaulatan Tuhan, kedaulatan raja, serta kedaulatan rakyat. Jenis kedaulatan itu mepengaruhi bentuk dan oleh karenanya sesuatu negara ada yg berbentuk monarki (kerajaan) republik, kesatuan, serta federal (serikat). Di Indonesia keadulatan ada di tangan rakyat, secara tidak langsung dengan meletakkan wakil-wakil rakyat di lembaga legeslatif/DPR.

Baca : Nilai yang mendasari demokrasi di Indonesia

Demikian artikel Definisi & Pengertian Kedaulatan (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas 8),  Semoga bermanfaat. Untuk melihat seluruh materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dapat dilihat di >> Materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.   
Definisi & Pengertian Kedaulatan (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas 8) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments