Definisi & Pengertian Konflik Sosial (Pelajaran IPS SMK Kelas 10)

Definisi & Pengertian Konflik Sosial (Pelajaran IPS SMK Kelas 10) ~ KamuBisa-iO. Konflik sosial (social conflict) yaitu proses sosial yang diwarnai oleh terjadinya pertentangan lantaran ketidaksamaan pandangan dan kepentingan. Misalnya : konflik sosial pada masyarakat asli dengan masyarakat pendatang, perseteruan pada buruh dan majikan, konflik pada atasan dan bawahan.

Definisi & Pengertian Konflik Sosial (Pelajaran IPS SMK Kelas 10)

Definisi & Pengertian Konflik Sosial

Beberapa jenis konflik sosial diantaranya seperti berikut.
a) Konflik sosial antar individu
Konflik sosial antarindvidu yaitu pertentangan yang terjadi antar perseorangan, Umpamanya perselisihan antara adik dengan kakak, suami dengan isterinya, serta pertikaian antara 2 rekan sekolah.
b) Konflik sosial antar kelompok
Konflik sosial antar kelompok yaitu pertentangan yang terjadi antara kalompok dengan kelompok. Umpamanya pertentangan antara 2 kelompok siswa yang tidak sama sekolah, pertentangan pemuda yang tidak sama kampung dan pertentangan antara 2 group pendukung club sepak bola.
c) Konflik sosial antarras
konflik antasras yaitu pertentangan yang berlangsung antara 2 ras yang tidak sama. Umpamanya pertentangan antara ras kulit hitam dengan ras kulit putih di amerika dan afrika selatan.
d Konflik antarbudaya
Konflik antarbudaya yaitu pertentangan yang berlangsung disebabkan ketidaksamaan kebudayan. Umpamanya pertentangan antara nilai-nilai budaya barat dan budaya timur.
Baca : Pengertian Akulturasi Sosial
Demikian artikel Definisi & Pengertian Konflik Sosial (Pelajaran IPS SMK Kelas 10),  Semoga bermanfaat. Untuk melihat seluruh materi Ilmu Pengetahuan Sosial dapat dilihat di >> Materi Ilmu Pengetahuan Sosial.
Definisi & Pengertian Konflik Sosial (Pelajaran IPS SMK Kelas 10) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments