Pengertian Demokrasi (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas 8)

Pengertian Demokrasi (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas 8) ~ KamuBisa-iO. Arti demokrasi pasti telah kerap anda dengar dalam kehidupan sehari-hari. Definisi Demokrasi berasal dari bhs Yunani yakni, demos yang bermakna rakyat serta cratein yang bermakna pemerintah.

Pengertian Demokrasi (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas 8)

Pengertian Demokrasi (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas 8)

Demokrasi bermakna pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Kekuasaan dan segala tindakan negara ditetapkan oleh kehendak rakyat. Namun dalam negara demokrasi rakyat butuh memperhatikan ketentuan dan kaidah-kaidah yang berlaku. Demokrasi bukanlah bermakna bebas melakukan apapun atas nama rakyat, namun tingkah laku rakyat mesti sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi. Negara yang menjalankan kedaulatan rakyat, akan ditindaklanjuti oleh sikap dan tingkah laku warga bangsanya yang demokratis.


Dalam negara demokratis, pemerintah digerakkan oleh sekumpulan orang yang disebut sebagai wakil rakyat. Hal semacam itu dikarenakan jika seluruhnya rakyat menjalankan pemerintahan tak mungkin dapat dikerjakan. Wakil rakyat inilah yang bakal memilih, menentukan dan mengontrol penyelenggaraan pemerintahan. Merekalah yang bakal wujudkan kedulatan rakyat atas negara untuk dilakukan oleh pemerintah.

Salah satu pilar demokrasi adalah adanya prinsip trias politica (teori montesquieu) yang membagi 3 kekuasaan politik yaitu eksekutif, legeslatif dan yudikatif.
  1. Legeslatif adalah pihak yang merumuskan undang-undang (di Indonesia adalah DPR)
  2. Eksekitif adalah pihak yang menjalankan undang-undang  (pemerintah)
  3. Yudikatif adalah pihak yang mengontrol, mengadili atau menegakkan hukum dan peraturan perundang-undangan.
Demikian artikel Pengertian Demokrasi (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas 8), Semoga bermanfaat. Untuk melihat seluruh materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dapat dilihat di >> Materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Pengertian Demokrasi (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas 8) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments