Konsep Kebutuhan Manusia (Pelajaran Ekonomi Kelas 10)

Konsep Kebutuhan Manusia ~ KamuBisa-iO. Kebutuhan akan selalu muncul karena pada dasarnya manusia mempunyai sifat yang tidak merasa puas.

Konsep Kebutuhan Manusia (Pelajaran Ekonomi Kelas 10)

Konsep Kebutuhan Manusia (Pelajaran Ekonomi Kelas 10)
Konsep Kebutuhan Manusia (Pelajaran Ekonomi Kelas 10)
Penggolongan kebutuhan dapat terdiri dari

A. Kebutuhan Menurut Intensitas Kegunaannya

- Kebutuhan Primer
Kebutuhan primer merupakan kebutuhan dasar yang paling utama dan harus dipenuhi oleh manusia untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya secara wajar. Menurut ILO kebutuhan primer adalah kebutuhan fisik minim masyarakat, berkaitan dengan kecukupan kebutuhan pokok setiap masyarakat, baik masyarakat kaya maupun miskin. Kebutuhan pokok ini meliputi kecukupan pangan dan gizi, sandang, perumahan, pendidikan, pelayanan kesehatan dan sarana-sarana pendukung lainnya seperti transportasi, persediaan air minum, rasa aman, dan sebagainya.

- Kebutuhan Sekunder
Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang sifatnya melengkapi kebutuhan primer dan kebutuhan ini baru terpenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Kebutuhan ini bukan berarti tidak penting, karena sebagai manusia yang berbudaya, yang hidup bermasyarakat sangat memerlukan berbagai hal lain yang lebih luas dan sempurna, baik mengenai mutu, jumlah, dan jenisnya.

- Kebutuhan Tersier
Kebutuhan tersier timbul setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Pada umumnya, kebutuhan tersier ini disebut kebutuhan mewah, karena pemenuhan kebutuhannya tertuju pada barang-barang mewah yang hanya dilakukan oleh orang-orang yang berpenghasilan tinggi.

B. Kebutuhan Menurut Waktu Pemenuhannya

- Kebutuhan Sekarang
Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang harus dipenuhi sekarang juga dan tidak dapat ditunda-tunda lagi agar manusia tidak mendapat kesulitan. Misalnya: obat untuk orang sakit, air minum untuk orang yang sedang dahaga, pakaian untuk sekolah, dan sebagainya.

- Kebutuhan akan Datang
Kebutuhan akan datang adalah kebutuhan yang dapat dipenuhi pada hari esok. Bila kebutuhan ini tidak terpenuhi, tidak akan berakibat fatal bagi kelangsungan hidup seseorang. Contohnya, tabungan.

- Kebutuhan yang Tidak Terduga
Kebutuhan ini muncul jika sesuatu terjadi secara tidak terduga, yang sifatnya insidentil. Contohnya, orang yang tiba-tiba sakit, akan membutuhkan obat atau perlu periksa ke dokter.

- Kebutuhan Sepanjang Waktu
Kebutuhan ini terjadi sepanjang waktu dan tidak ada batasannya. Contohnya, belajar menuntut ilmu.

C. Kebutuhan Menurut Sifatnya

- Kebutuhan Jasmani
Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang secara alami dirasakan oleh fisik atau jasmani manusia. Kebutuhan ini meliputi seluruh kebutuhan yang sifatnya kebendaan misalnya kebutuhan akan makan, pakaian, olahraga, rumah, dan lain-lain.

- Kebutuhan Rohani
Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang sifatnya memperoleh kepuasan rohani. Kebutuhan ini tidak tampak secara nyata. Hanya orang yang bersangkutan yang merasa- kan secara langsung. Jika kebutuhan ini ter- penuhi manusia merasa secara batiniah terpuas- kan kebutuhannya dan ia akan merasa bangga, bahagia, senang ataupun perasaan gembira. Contohnya, mendapatkan kasih sayang, hiburan, rekreasi dan lain-lain.

D. Kebutuhan Menurut Subyek Yang Membutuhkan

- Kebutuhan Individu
Kebutuhan individu adalah kebutuhan yang berguna untuk pemenuhan kepuasaan pribadi (perorangan). Contohnya, sebagai seorang pelajar kebutuhan pribadi kalian meliputi seragam, sepatu, buku, pensil, dan lain-lain.

- Kebutuhan Sosial
Kebutuhan sosial adalah kebutuhan yang jika dipenuhi bermanfaat untuk kepentingan orang banyak (kolektif). Kebutuhan ini berkaitan dengan kebersamaan, kesejahteraan, ketertiban, kenyamanan, kemakmuran, dan sebagainya. Contohnya telepon umum, tempat ibadah dan lain-lain.

Kita dapat memenuhi kebutuhan dengan barang dan jasa.

Demikian artikel Konsep Kebutuhan Manusia (Pelajaran Ekonomi Kelas 10), semoga bermanfaat. Baca selengkapnya tentang artikel ekonomi di >> Materi Ekonomi.
Konsep Kebutuhan Manusia (Pelajaran Ekonomi Kelas 10) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments