Pengertian Permintaan dan Penawaran (Materi Pelajaran Ekonomi Kelas 10)

Pengertian Permintaan dan Penawaran (Materi Pelajaran Ekonomi Kelas 10) ~ KamuBisa-iO. Jika kita adalah posisi pembeli maka keinginannya adalah membeli dengan harga serendah-rendahnya namun akan mendapatkan barang/ jasa yang bagus. Namun kondisi tersebut akan berbeda jika kita adalah sebagai penjual. Sebagai penjuala akan menginginkan harga yang setinggi-tingginya karena orientasi dari penjual adalah keuntungan. Yang jelas di situ ada yang namanya permintaan dan ada juga yang namanya penawaran. Untuk membahas tentang definisi permintaan dan definisi penawaran, ikuti terus ulasan singkatnya di bawah ini.

Pengertian Permintaan dan Penawaran (Materi Pelajaran Ekonomi Kelas 10)

Pengertian Permintaan dan Penawaran (Materi Pelajaran Ekonomi Kelas 10)
Pengertian Permintaan dan Penawaran (Materi Pelajaran Ekonomi Kelas 10)
Permintaan

Pengertian permintaan adalah jumlah barang dan jasa tertentu yang diminta (dibeli) pada berbagai kemungkinan tingkat harga dan dalam waktu tertentu. Suatu permintaan akan muncul atau tercipta karena adanya pembeli yang akan membeli tentu dengan disertai kemampuan untuk membayarnya.

Adapun faktor - faktor yang mempengaruhi permintaan adalah sebagai berikut:

Harga Barang Substitusi dan Barang Komplementer
Permintaan dari suatu barang dapat dipengaruhi oleh barang pengganti (subtitusi) ataupun barang yang saling melengkapi (komplementer). Pergerakan dari naik turunnya harga barang pengganti (substitusi) bisa berpengaruh terhadap permintaan barang yang digantikannya. Demikian pula yang terjadi pada barang yang saling melengkapi  (komplementer). Barang komplementer atau barang pelengkap adalah barang yang akan memberikan manfaat penuh apabila digunakan bersama-sama dengan barang lainnya.

Pendapatan Konsumen
Seperti telah dijelaskan di atas bahwa permintaan harus diikuti dengan kemampuan untuk membayarnya, dalam hal ini berkaitan dengan pendapatan dari konsumen. Pendapatan dari konsumen adalah faktor yang sangat penting untuk menentukan permintaan terhadap berbagai jenis barang. Jika pendapatan konsumen meningkat maka daya beli konsumen juga akan meningkat pula.
Jumlah Penduduk
Peningkatan jumlah dari penduduk tentu akan sangat mempengaruhi dari jumlah permintaan. Proporsinya sangat tergantung dari pertambahan dalam kesempatan kerja. Jika pertambahannya diikuti oleh pertambahan dalam kesempatan kerja, maka akan lebih banyak orang yang menerima pendapatan, hal ini berarti bahwa daya beli masyarakat juga akan meningkat. Dengan meningkatnya daya beli masyarakat, maka akan meningkatkan permintaan terhadap barang/ jasa. 

Selera dari Konsumen
Selera konsumen adalah memiliki peran yang sangat penting dalam mempengaruhi terhadap keinginan masyarakat untuk membeli barang-barang/ jasa-jasa.

Ekspektasi (Harapan Konsumen)
Jika konsumen mempunyai ekspektasi bahwa harga-harga masa yang odatang akan naik maka  konsumen akan melakukan pembelian yang lebih banyak terhadap barang-barang yang akan mengalami kenaikan harga tersebut. Sebagai contoh yang sering kita lihat adalah pembelian BBM.

Penawaran
Pengertian penawaran adalah jumlah barang/ jasa yang tersedia dan dapat dijual oleh penjual.

Adapun faktor - faktor yang mempengaruhi penawaran adalah sebagai berikut:

Harga Barang Itu Sendiri

Biaya untuk Memperoleh Faktor Produksi
Ini dikaitkan dengan adanya pembayaran kepada faktor produksi. Biaya produksi akan naik jika faktor produksi naik. Pengeluaran tersebut mempunyai peran yang sangat besar dalam menentukan biaya produksi. Jika penjualan lebih rendah dari pembelian faktor produksi maka perusahaan akan mengalami kerugian.
Teknologi Produksi
Teknologi adalah mempunyai peran dalam menentukan banyak barang yang dapat ditawarkan. Semakin canggih alat-alat yang digunakan dalam kegiatan produksi, semakin cepat proses produksinya sehingga produk yang dihasilkan semakin banyak juga. Kemajuan teknologi telah dapat mengurangi biaya produksi, mempertinggi mutu barang, dan dapat menciptakan barang-barang baru. Sehingga kemajuan teknologi cenderung menimbulkan kenaikan penawaran dan keuntungan pun bertambah tinggi.

Ekspektasi (Harapan Produsen)Sama seperti faktor yang mempengaruhi permintaan bahwa ekspektasi adalah berkaitan dengan harga barang. Jika diperkirakan masa yang akan datang harga minyak tanah naik, maka produsen dan distributor akan menyimpan sebagian minyak tanah tersebut untuk ditimbun dan dijual masa yang akan datang. Hal ini dapat dipastikan bahwa penjualan minyak tanah saat ini akan turun sehingga penawaran minyak tanah di pasar menjadi berkurang pula.
Baca juga : Definisi & Pengertian Pasar Persaingan Sempurna dan Pasar Dalam Perekonomian (Materi Pelajaran Ekonomi Kelas 10) 
Demikian artikel Pengertian Permintaan dan Penawaran (Materi Pelajaran Ekonomi Kelas 10), semoga bermanfaat. Baca selengkapnya tentang artikel ekonomi di >> Materi Ekonomi
Pengertian Permintaan dan Penawaran (Materi Pelajaran Ekonomi Kelas 10) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments