Peran Pelaku Kegiatan Ekonomi (Materi Pelajaran Kelas 10)

Peran Pelaku Kegiatan Ekonomi (Materi Pelajaran Kelas 10)  ~ KamuBisa-iO. Di dalam suatu kegiatan ekonomi ada beberapa pelaku yang semuanya mempunyai peranan masing-masing. Untuk lebih lanjut tentang hal tersebut, berikut ulasan singkatnya.

Peran Pelaku Kegiatan Ekonomi (Materi Pelajaran Kelas 10)

Peran Pelaku Kegiatan Ekonomi (Materi Pelajaran Kelas 10)
Peran Pelaku Kegiatan Ekonomi (Materi Pelajaran Kelas 10)
A. Peran Rumah Tangga Konsumsi (RTK)

Konsumen (customer) yaitu seseorang atau sekumpulan orang atau badan yang melakukan aktivitas konsumsi. RTK memiliki beberap peran di bawah ini.

Sebagai Produsen
Rumah tangga konsumsi yaitu yang memiliki beragam aspek produksi yang menyediakan sumber-sumber daya (tenaga, tanah, gedung, dan sebagainya) untuk rumah tangga produsen.

Sebagai Konsumen
Rumah tangga konsumsi sebagai pemilik faktor produksi bakal memperoleh jasa layanan dari rumah tangga produksi terhadap pemakaian sumber-sumber daya yang disiapkan. Balas jasa ini adalah pendapatan rumah tangga konsumsi yang dipakai untuk konsumsi beberapa barang serta jasa yang dihasilkan oleh rumah tangga produsen dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup.

B. Peran Rumah Tangga Produksi (RTP)

Rumah tangga produksi disebut juga produsen (perusahaan) yang melakukan aktivitas ekonomi sesuai sesuai bidang usahanya. RTP kaitannya dengan aktivitas ekonomi yang dikerjakan mempunyai peran sbb.

Sebagai Produsen
RTP juga sebagai produsen menghasilkan barang serta jasa dalam usaha memenuhi kebutuhan orang-orang atau RTK. Lantaran menghasilkan barang serta jasa, RTP memerlukan faktor-faktor produksi dari RTK, sehingga RTP juga bertindak juga sebagai pemakai aspek produksi.

Sebagai Konsumen
Untuk melakukan aktivitas produksinya RTP melakukan aktivitas konsumsi yakni membeli faktor-faktor produksi dari RTK. RTP membayar layanan jasa terhadap pemakaian faktor produksi yang disiapkan oleh RTK tersebut.

C. Peran Pemerintah
Di bawah ini sebagian peran pemerintah.
Sebagai Produsen
Pemerintah juga sebagai produsen, menghasilkan barang serta layanan untuk kebutuhan umum lewat cara menguasai cabang-cabang produksi yang utama yang penting serta menguasai hajat hidup orang banyak lewat badan usaha milik negara.

Sebagai Konsumen
Pemerintah dalam menggerakkan aktivitas produksinya memerlukan barang serta jasa, tenaga kerja, peralatan untuk kepentingan pendidikan, kesehatan, administrasi kantor pemerintah, senjata untuk kepentingan pertahanan serta keamanan, dsb.

Sebagai Pengatur dan Pengendali
Pemerintah bertindak juga sebagai pengatur serta pengendali aktivitas perekonomian negara dengan mengeluarkan kebijakan-kebijakan. Kebijakan-kebijakan itu umpamanya turunkan tingkat pengangguran serta tingkat inflasi, dll. Diluar itu, pemerintah juga lakukan controlling pada aktivitas yang dikerjakan oleh RTK serta RTP supaya lakukan aktivitas yang wajar.

D. Peran Masyarakat Luar Negeri

Orang-orang luar negeri juga memiliki peran yang sangatlah utama untuk mendukung aktivitas perekonomian yang digerakkan oleh negara. Aktivitas perekonomian yang dikerjakan dengan orang-orang luar negeri ini menyebabkan arus barang serta jasa yakni ekspor-impor serta arus uang masuk serta keluar (kurs valas). Dari aktivitas ini pendapatan pemerintah bakal jadi tambah lantaran memperoleh devisa.
Baca juga : Pengertian Biaya Peluang dan Pengertian Biaya Peluang (Materi Pelajaran Kelas 10)
Demikian artikel Peran Pelaku Kegiatan Ekonomi (Materi Pelajaran Kelas 10), semoga bermanfaat. Baca selengkapnya tentang artikel ekonomi di >> Materi Ekonomi.
Peran Pelaku Kegiatan Ekonomi (Materi Pelajaran Kelas 10) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments