Sikap Positif Terhadap Proklamasi Kemerdekaan (Pelajaran SMP Kelas 7)

Sikap Positif Terhadap Proklamasi Kemerdekaan ~ KamuBisa-iO. Dengan Proklamasi Kemerdekaan, bangsa Indonesia dapat hidup dengan bebas sebagai bangsa yang berdaulat, sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Itulah makna proklamasi 17 Agustus 1945 yang sangat penting bagi bangsa Indonesia.

Sikap Positif Terhadap Proklamasi Kemerdekaan (Pelajaran SMP Kelas 7)

Sikap Positif Terhadap Proklamasi Kemerdekaan (Pelajaran SMP Kelas 7)
Sikap Positif Terhadap Proklamasi Kemerdekaan (Pelajaran SMP Kelas 7)
Sesudah bangsa Indonesia mencapai kemerdekaan maka kita sebagai generasi penerus seharusnya menghayati Proklamasi dan UUD 1945 dengan bersikap positif dan nyata serta ikhlas. Segala hal yang kita lakukan dan ucapkan hendaknya senantiasa sejalan dengan nilai-nilai yang diamanatkan oleh Proklamasi Kemerdekaan dan UUD 1945. Penghargaan terhadap para pejuang bangsa serta para pahlawan bangsa dapat ditunjukkan dengan berbagai upaya untuk mengisi kemerdekaan guna menuju tercapainya tujuan nasional bangsa Indonesia. Sedangkan menjunjung tinggi cita-cita kehidupan bernegara dapat ditunjukkan dengan berbagai upaya agar kehidupan bernegara sesuai dengan tata aturan bernegara yang ditetapkan. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan kegiatan, aktivitas, dan perbuatan yang mengarah kepada tercapainya tuiuan nasional dalam tata aturan bernegara yang  sesuai dengan hukum dasar negara, dan ini dapat dilakukan dengan beberapa aktivitas, antara lain sebagai berikut:
  1. Sebagai warga negara yang selalu takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Selalu setia kepada bangsa dan negara Republik Indonesia.
  3. Selalu bekerja keras tanpa kenal menyerah untuk membangun negara.
  4. Menentang segala penindasan yang dilakukan terhadap rakyat Indonesia.
  5. Berlaku adil dalam mengambil keputusan.
  6. Berperan serta dalam pelaksanaan pemilu.
  7. Belaku jujur dalam setiap kata dan perbuatannya.
  8. Menunjukkan rasa kebersamaan seluruh suku bangsa yang ada untuk saling membantu dalam melakukan pembangunan diseluruh wilayah negara Republik Indonesia.
  9. Menghormati dan menjunjung tinggi hukum yang berlaku.
  10. Menghargai perbedaan Pendapat.
  11. Memupuk sikap tenggang rasa dan toleransi terhadap adanya perbedaan dengan tetap berpegang pada prinsip Bhinneka Tunggal Ika.
  12. Mendukung segala kebijakan politik pemerintah yang merakyat.
  13. Rela berkorban untuk membela tanah air dari serangan musuh.
  14. Selalu setia mempertahankan keutuhan wilayah negara.
  15. Belajar dengan giat agar menjadi warga negara yang cerdas, berpendidikan, dan maju setara dengan bangsa-bangsa di negara-negara maju.
  16. Membangun negara dengan sumber daya alam untuk kepentingan seluruh rakyat Indonesia.
  17. Meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan mendirikan tempat-tempat usaha produktif untuk menampung tenaga kerja.
  18. Kritis terhadap kondisi kehidupan dan peduli pada kesengsaraan rakyat.
Adalah menjadi suatu kewajiban kita semua untuk memelihara dan mempertahankan kernerdekaan dengan jalan rajin belajar, dan berdisiplin. Dengan usaha semacam ini berarti kita membekali diri dengan seperangkat pengetahuan, keterampilan, serta sikap yang diperlukan untuk ikut ambil bagian dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan.

Demikian artikel Sikap Positif Terhadap Proklamasi Kemerdekaan (Pelajaran SMP Kelas 7), Semoga bermanfaat. Untuk melihat seluruh materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dapat dilihat di >> Materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Sikap Positif Terhadap Proklamasi Kemerdekaan (Pelajaran SMP Kelas 7) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments