Contoh Laporan Audit : Pendapat Tidak Wajar (Materi Kuliah Auditing)

Contoh Laporan Audit : Pendapat Tidak Wajar - KamuBisa iO.Di bawah ini adalah contoh dari pendapat auditor yang berisi pendapat tidak wajar pada suatu laporann keuangan perusahaan.

Contoh Laporan Audit : Pendapat Tidak Wajar (Materi Kuliah Auditing)

Contoh Laporan Audit : Pendapat Tidak Wajar (Materi Kuliah Auditing)

Laporan Auditor Independen
No         : A01/III/KAK/10
Tanggal : 1 Maret 2010
                                                                     Kepada Yth,
                                                                     Direksi dan Dewan Komisaris
                                                                     PT. KamuBisa
                                                                     Jl. Merdeka No.19
                                                                     Jakarta Pusat
Kami telah mengaudit neraca PT. KmuBisa tanggal 31 Desember 2009 dan 2008 serta laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas dan laporan arus kas untuk tahun yang berakhir pada tanggal-tanggal tersebut.
Laporan keuangan adaiah tanggung jawab manajemen perusahaan. Tanggung jawab kami adalah pada pernyataan pendapat atas laporan keuangan berdasarkan audit kami.
Kami melaksanakan audit berdasarkan standar auditing yang ditetapkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia. Standar tersebut mengharuskan kami merencanakan dan melaksanakan audit agar kami memperoleh keyakinan yang memadai bahwa laporan bebas dari salah saji material. Suatu audit meliputi pemeriksaan atas dasar pengujian, bukti-bukti yang mendukung jumlah-jumlah dan pengungkapan dalam laporan keuangan. Audit juga meliputi penilaian atas standar akuntansi yang digunakan dan estimali signifikan yang dibuat oleh manajemen, serta penilaian terhadap penyajian laporan keuangan secara keseluruhan. Kami yakin bahwa audit kami memberikan dasar memadai untuk menyatakan pendapat.
Sebagaimana telah dijelaskan dalam catatan x atas laporan keungan. perusahaan mencantumkan perkiraan pabrik dan equipment pada nilai appraisal dan menghitung depresinya berdasarkan nilai tersebut.
Karena penyimpangan dari prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia seperti yang diuraikan di atas, pada tanggal 31 Desember 2009 dan 2008, saldo persediaan lebih tinggi sebesar Rp.....dan Rp....dengan perhitungannya biaya depreiasi ke dalam biaya overhead pabrik berdasarkan nilai revaluasi yang lebih besar dari harga pokok aktiva tetap dan aktiva tetap dikurangi akumulasi depresiasinya disajikan lebih tinggi Rp...dan Rp...dibandingkan jika disajikan atas dasar harga pokoknya.
Menurut pendapat kami, karena dampak hal yang kami uraikan dalam paragraf di atas, laporan keuangan yang kami sebut di atas tidak menyajikan secara wajar sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum, posisi keuangan PT. KamuBisa tanggal 3 Desember 20009 dan 2008, hasil usaha, perubahan ekuitas serta arus kas untuk tahun yang berakhir pada tanggal-tanggal tersebut.
                                                                     Kantor Akuntan Publik
                                                                     Drs. Budi Pekerti, MM
                                                                     (Drs Budi Pekerti)
                                                                     Reg. Neg. D-241199
                                                                     NIAP : 09.0001.09
Contoh Laporan Audit : Pendapat Tidak Wajar (Materi Kuliah Auditing) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments