Pengertian Auditing/ Pemeriksaan (Materi Kuliah Auditing)

Pengertian Auditing/ Pemeriksaan (Materi Kuliah Auditing) ~ KamuBisa iO. Auditing merupakan salah satu bentuk atestasi. Secara umum atestasi dapat diartikan sebagai suatu komunikasi dari seseorang expert tentang kesimpulan mengenai realibitas dan pernyataan seseorang. Sedangkan secara sempit, definisi atestasi adalah komunikasi tertulis yang menjelaskan suatu kesimpulan mengenai realibilitas dari asersi tertulis yang merupakan tanggungjawab dari pihak lainnya. Sebagai seorang auditor akan memberikan atestasi mengenai kewajaran laporan keuagan suatu perusahaan/ organisasi. Selain itu seorang auditor juga memberikan jasa atestasi lainnya seperti membuat laporan mengenai pengendalian intenal dan laporan keuangan prospektif.

Pengertian Auditing/ Pemeriksaan (Materi Kuliah Auditing)

Pengertian Auditing/ Pemeriksaan (Materi Kuliah Auditing)
Pengertian auditing menurut ahli di bidang akuntansi:
  1. Definisi auditing menurut Konrath adalah suatu proses sistematis untuk secara objektif mendapatkan dan mengevaluasi bukti mengenai asersi tentang kegiatan-kegiatan dan kejadian-kejadian ekonomi untuk meyakinkan tingkat keterkaitan antara asersi tersebut dan kriteria yang telah ditetapkan dan mengkomunikasikan hasilnya kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
  2. Definisi auditing menurut Sukrisno Agoes adalah suatu pemeriksaan yang dilakukan secara kritis dan sistematis oleh pihak yang independen, terhadap laporan keuangan yang telah disusun oleh manajemen beserta catatan-catatan pembukuan dan bukti-bukti pendukungnya, dengan tujuan untuk dapat memberikan pendapat mengenai kewajaran laporan keuangan tersebut
  3. Pengertian auditing menurut Mulyadi  adalah suatu proses sistematik untuk memperoleh dan mengevaluasi bukti secara objektif mengenai pernyataan-pernyataan tentang kegiatan dan kejadian ekonomi dengan tujuan untuk menetapkan tingkat kesesuaian antara pernyataan-pernyataan tersebut dengan kriteria yang telah ditetapkan, serta penyampaian hasil-hasilnya kepada pemakai yang berkepentingan.
Baca juga : Hubungan Pengendalian Intern (Internal Control) dengan Ruang Lingkup Pemeriksaan dan Pengertian Pengendalian Intern/ Internal Control (Materi Kuliah Auditing)
Demikian artikel Pengertian Auditing/ Pemeriksaan (Materi Kuliah Auditing),  Semoga bermanfaat. Untuk melihat seluruh materi Auditing dapat dilihat di >> Materi Auditing.
Pengertian Auditing/ Pemeriksaan (Materi Kuliah Auditing) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments