Sikap Positif terhadap Upaya Perlindungan dan Penegakan HAM di Indonesia

Sikap Positif terhadap Upaya Perlindungan dan Penegakan HAM di  Indonesia ~ KamuBisa-iO. Aktivitas seperti apa yang bisa digolopgkan menghormati usaha penegakan HAM? Secara simpel ukuran yang bisa digunakan untuk memastikan aktivitas yang bisa digolongkan menghormati usaha penegakan HAM yaitu tiap-tiap sikap serta tingkah laku yang positif untuk mensupport upaya-upaya menindakdengan cara tegas pelaku pelanggaran HAM baik melalui jalur hukum ataupun melalui jalur politik, seperti KKR, pemberian rehabilitasi, restitusi, serta kompensasi.

Sikap Positif terhadap Upaya Perlindungan dan Penegakan HAM di  Indonesia

Beberapa contoh aktivitas yang bisa dimasukkan menghargai usaha penegakan HAM, diantaranya :
1. mendukung dengan menjadi saksi dalam proses penegakan HAM ;
2. mensupport para korban untuk mendapatkan restitusi ataupun kompensasi serta rehabilitasi ;
3. tak mengganggu jalannya persidangan HAM di pengadilan HAM,
4. memberi informasi terhadap aparat penegak hukum serta lembaga-lembaga HAM apabila terjadi pelanggaran HAM,
5. mendorong agar bisa terima cara rekonsiliasi lewat KKR bila melalui jalan peradilan HAM mengalami jalan buntu, untuk menghapus dendam yang berkelanjutan yang dapat menghalangi kehidupan yang damai serta harmonis dalam bermasyarakat.

Sikap Positif terhadap Upaya Perlindungan dan Penegakan HAM di  Indonesia
Sikap Positif terhadap Upaya Perlindungan dan Penegakan HAM di  Indonesia
Keberhasilan dalam usaha perlindungan HAM sangatlah tergantung pada partisipasi warga masyrakat. Artinya tiap-tiap warga negara mesti mensupport, bahkan juga turut ambil bagian dalam usaha perlindungan HAM. Selanjutnya sikap positif yang bisa dikerjakan oleh warga negara dalam usaha perlindungan HAM.
1. Menghindari tindakan sewenang-wenang, baik pada orang lain ataupun pada kelompok masyarakat lain.
2. Berpartisipasi dalam menyebarluaskan peraturan mengenai HAM terhadap masayarakat.
3. Ajukan usulan serta himbauan tentang perumusan kebijakan umum yang terkait dengan HAM, baik pada pemerintah daerah ataupun tingkat pusat.
4. Dengan cara suka-rela atau saling bersama mensupport pemerintah daerah serta lembaga sosial dalam memberi bantuan kemanusiaan.

Selain Sikap Positif terhadap Upaya Perlindungan dan Penegakan HAM di  Indonesia baca juga : Biro konsultasi dan bantuan Hukum Fakultas Hukum
Kesadaran masyarakat mengenai HAM bakal membuat kehidupan yang serasi. Setiap orang harus menghargai serta menghormati hak asasi orang lain. Negara mengatur dan memberi beberapa batasan perihal HAM bukan bertujuan untuk mengekang warganya. Malah dengan ketentuan/ aturan itu, ditujukan supaya kebebasan pelaksanaan HAM tak mengganggu hak-hak orang lain dan tak mengganggu ketertiban warga.

Dalam menegakkan serta melakukan HAM dalam kehidupan keseharian perlu menghadirkan sikap seperti berikut.
  1. Melakukan hak-hak asasi manusia dengan penuh tanggung jawab, yakni senantiasa memelihara keseimbangan antara hak dengan kewajiban.
  2. Berani bertanggungjawab terhadap pelanggaran HAM yang dikerjakan.
  3. Tahu bahwa tiap-tiap hak dibarengi dengan kewajiban.
  4. Menghormati hak-hak orang lain.
  5. Sukai memberi pertolongan pada orang lain yang benar-benar membutuhkan bencana, menolong fakir miskin, dsb.
  6. Tdk melanggar ketentuan/ peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Dengan kesadaran tingkah laku yang demikian bakal mencegah terjadinya pelanggaran HAM sehingga bakal terwujud tata kehidupan masyarakat yang serasi, dan sejahtera.
Demikian artikel Sikap Positif terhadap Upaya Perlindungan dan Penegakan HAM di  Indonesia, Semoga bermanfaat. Untuk melihat seluruh materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dapat dilihat di >> Materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Sikap Positif terhadap Upaya Perlindungan dan Penegakan HAM di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments