Hukum Permintaan dan Penawaran (Materi Pelajaran Ekonomi Kelas 10)

Hukum Permintaan dan Penawaran (Materi Pelajaran Ekonomi Kelas 10) ~ KamuBisa-iO. Pada kesempatan ini kita akan belajar mengenai hukum permintaan dan juga hukum permintaan.

Hukum Permintaan dan Penawaran (Materi Pelajaran Ekonomi Kelas 10)

Hukum Permintaan dan Penawaran
Hukum Permintaan

“Apabila harga suatu barang turun maka permintaan terhadap barang tersebut akan bertambah, sebaliknya jika harga suatu barang naik maka permintaan terhadap barang akan berkurang”.

Dari bunyi hukum permintaan di atas dapat dikatakan bahwa sifat hubungan antara harga dan jumlah permintaan suatu barang adalah berbanding terbalik (mempunyai sifat hubungan yang berlawanan arah/ negatif). Ini dapat dijelaskan jika suatu barang mengalami kenaikan maka secara otomatis konsumen akan mencari barang yang tidak mengalami kenaikan harga. Jika pendapatan nominal konsumen tetap sementara harga barang naik, maka pendapatan konsumen tersebut akan menurun, akibatnya konsumen akan mengurangi permintaan thd barang tersebut. Sebaliknya apabila harga barang turun, maka konsumen akan mengurangi pembelian thd barang lain dan menambah pembelian thd barang yg harganya mengalami penurunan tersebut.

Cara untuk menunjukkan keterkaitan antara jumlah barang yang diminta dengan tingkat harga yaitu dengan membuat skedul permintaan. Skedul permintaan adalah daftar angka-angka yang menunjukkan jumlah barang dan jasa yang diminta pada berbagai tingkat harga. Sebagai contoh adalah sebagai berikut:

Nama Barang
Harga Barang
 Jumlah Barang Yang diminta
A
600.000
100
B
500.000
200
C
400.000
300
D
300.000
400
E
200.000
500
F
100.000
600

Hukum Penawaran

“Apabila harga suatu barang turun maka penawaran terhadap barang tersebut akan berkurang, sebaliknya jika harga suatu barang turun maka penawaran terhadap barang akan bertambah”.

Jadi antara harga barang dengan penawaran mempunyai sifat hubungan yang searah (positif).
Demikian artikel Hukum Permintaan dan Penawaran (Materi Pelajaran Ekonomi Kelas 10), semoga bermanfaat. Baca selengkapnya tentang artikel ekonomi di >> Materi Ekonomi
Hukum Permintaan dan Penawaran (Materi Pelajaran Ekonomi Kelas 10) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments