Manfaat Penghitungan Pendapatan Nasional (Materi Pelajaran Ekonomi Kelas 10)

Manfaat Penghitungan Pendapatan Nasional (Materi Pelajaran Ekonomi Kelas 10) ~ KamuBisa-iO. Dengan adanya perhitungan pendapatan nasional dpt dipakai utk mengukur dan mengetahui dari waktu ke waktu tentang perkembangan perekonomian suatu negara. Jika pendapatan suatu negara semakin tinggi, ini berarti tingkat kemakmuran negara tersebut semakin tinggi pula. Berikut adalah manfaat perhitungan pendapatan nasional, yaitu:

Manfaat Penghitungan Pendapatan Nasional (Materi Pelajaran Ekonomi Kelas 10)

Manfaat Penghitungan Pendapatan Nasional (Materi Pelajaran Ekonomi Kelas 10)
Manfaat Penghitungan Pendapatan Nasional (Materi Pelajaran Ekonomi Kelas 10)
1). Untuk Mengetahui struktur perekonomian suatu negara
Struktur perekonomuian suatu negara dpt terlihat pada seberapa kontribusi sektor-sektor perekonomian terhadapp pendapatan nasional. Misalnya pendapatan nasional di dominasi dari sektor industri maka struktur negara tersebut adalah industri, jika pendapatan nasionalnya di dominasi oleh sektor pertanian, maka struktur negara tersebut adalah industri, dsb.

2). Untuk Mengetahui Tingkat Pertumbuhan Perekonomian
Perhitungan pendapatan nasional dpt dipakai utk membandingkan pendapatan nasional antar tahun sehingga tingkat perekonomian suatu negara dpt diketahui.

3. Untuk Membandingkan Perekonomian Antardaerah Maupun Antarnegara
Jika perhitungan pendapatan dilakukan di daerah/ provinsi maka perhitungan dari pendapatan regional tersebut dpt digunakan utk pembanding antar daerah yg satu dengan daerah lainnya. Begitu pula jika dilakukan di tingkat nasional, maka pendapatan nasional dpt diperbandingkan antara negara yg satu dengan yg lainnya. Dengan demikian dpt diketahui apakah negara yg bersangkutan termasuk dalam negara maju atau berkembang atau bahkan negara terbelakang.

4. Untuk Membantu Merumuskan Kebijakan Pemerintah
Dengan melakukan penghitungan pendapatan nasional maka pemerintah dpt menggunakannya utk menilai efektifitas kebijakan-kebijakan yg telah diambil. Tidak itu saja, dengan mengetahui perkembangan pendapatan nasional pemerintah bisa mengidentifikasikan masalah-masalah ekonomi yg baru muncul dan dpt utk merencanakan program-program baru utk mengatasi masalah-masalah ekonomi tesebut.
Baca juga : Faktor yang Memengaruhi Komponen Pendapatan Nasional dan Komponen Pendapat Nasional
Demikian artikel Manfaat Penghitungan Pendapatan Nasional (Materi Pelajaran Ekonomi Kelas 10), semoga bermanfaat. Baca selengkapnya tentang artikel ekonomi di >> Materi Ekonomi
Manfaat Penghitungan Pendapatan Nasional (Materi Pelajaran Ekonomi Kelas 10) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments