Faktor yang Memengaruhi Komponen Pendapatan Nasional

Faktor yang Memengaruhi Komponen Pendapatan Nasional ~ KamuBisa-iO. Pendapatan nasional suatu negara dapat dipengaruhi oleh beberapa komponen. Berikut ulasannya, semoga dapat memberi manfaat.

Faktor yang Memengaruhi Komponen Pendapatan Nasional

Faktor yang Memengaruhi Komponen Pendapatan Nasional
Faktor yang Memengaruhi Komponen Pendapatan Nasional
Konsumsi & Tabungan

Pendapatan nasional adalah faktor penting yg menentukan tingkat konsumsi & tabungan suatu negara. Besar kecilnya jumlah pengeluaran keluarga utk konsumsi tergantung dari beberapa faktor yang mempengaruhinya, yaitu:
  • besarnya jumlah pendapatan bersih keluarga,
  • jumlah anggota keluarga,
  • tingkat pendidikan,
  • lingkungan sosial ekonomi,
  • agama & adat kebiasaan.
Tidak semua penghasilan yang diperoleh dalam suatu keluarga habis dipergunakan untuk dibelanjakan utk membeli kebutuhannya. Oleh karena itu bagian penghasilan yg tdk habis konsumsi dinamakan tabungan. Relasi antara pendapatan, konsumsi, & tabungan dpt dirumuskan sebagai berikut:

Y = C+S

Ket:
Y = Pendapatan
C = Konsumsi
S = Tabungan

Konsumsi & Investasi

Penghasilan yg tdk dibelanjakan, namun ditabung dpt dipakai utk investasi. Investasi dpt diartikan sebagai pengeluaran utk membeli barang-barang modal & perlengkapan-perlengkapan produksi utk menambah kemampuan memproduksi barang/ jasa yg tersedia dlm perekonomian. Investasi yg dimaksud adalah berupa investasi fisik & investasi keuangan. Sebagai contoh dari investasi fisik penambahan kapasitas produksi dengan menambah jumlah aset berupa mesin. Adapun investasi keuangan dpt dilakukan dengan pembelian saham - saham perusahaan yg berfungsi menambah modal bagi perusahaan.

Peningkatan investasi yg diikuti dengan peningkatan kapasitas produksi serta jumlah produksi akan memperluas kesempatan kerja. Sehingga jumlah produksi barang & jasa meningkat, yg pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan nasional. Faktor utama yang menentukan tingkat investasi yaitu:
  • tingkat keuntungan investasi yg diramalkan akan diperoleh,
  • tingkat bunga,
  • ramalan mengenai keadaan ekonomi di masa depan,
  • kemajuan teknologi.
Adapun hubungan pendapatan, konsumsi, & investasi dpt dinyatakan dengan rumus:

Y = C + S --> S=I
Y = C + I

Ket:
Y = Pendapatan
C = Konsumsi
S = Tabungan
I = Investasi
Permintaan & Penawaran Agregat

Persamaan pendapatan nasional adalah Y = C + I + G + (X – M), hal ini menunjukkan bahwa meningkatkan permintaan agregat yg berupa konsumsi & pengeluaran pemerintah (C & G) akan meningkatkan pendapatan nasional (Y). Meningkatnya permintaan agregat, akan diikuti oleh meningkatnya penawaran agregat, sehingga investasi (I) meningkat.
Demikian artikel Faktor yang Memengaruhi Komponen Pendapatan Nasional (Materi Pelajaran Ekonomi Kelas 10), semoga bermanfaat. Baca selengkapnya tentang artikel ekonomi di >> Materi Ekonomi
Faktor yang Memengaruhi Komponen Pendapatan Nasional Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments