Bentuk - Bentuk Demokrasi (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas 8)

Bentuk - Bentuk Demokrasi (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas 8) ~ KamuBisa-iO. Proses dari demokrasi sudah berlangsung mulai sejak zaman yunani kuno, dan ketika itu pengertian negara demokrasi yaitu negara yang melibatkan semua rakyat dengan cara langsung dalam satu rapat rakyat dalam kehidupan bernegara. Berbeda dengan yang  ada saat ini yang dipakai yakni menggunakan demokrasi perwakilan (demokrasi yang digerakkan lewat badan perwakilan rakyat. Untuk lebih mengetahui tentang demokrasi, mari kita belajar bersama-sama menegenal bentuk - bentuk demokrasi yang ada.

Bentuk - Bentuk Demokrasi (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas 8)

Bentuk - Bentuk Demokrasi

1. Berdasar pada cara penyaluran kehendak rakyat
a). Demokrasi langsung. Pengertian demokrasi langsung yaitu system demokrasi yang melibatkan semua rakyat secara langsung dalam merumuskan suatu urusan negara.
b). Demokrasi tidak langsung/demokrasi perwakilan. Yakni system demokrasi di mana rakyat dalam menyalurkan aspirasinya mesti lewat lembaga perwakilan yang para anggotanya dipilih oleh rakyat. System ini banyak diikuti oleh nyaris di semua negara.

2. Berdasar pada hubungan antar lembaga.
a). Demokrasi parlementer. Yaitu demokrasi yang memperlihatkan adanya hubungan yang erat antara eksekutif dalam hal ini pemerintah dengan badan legeslatif (badan perwakilan rakyat)
b). Demokrasi dengan system pemisahan kekuasaan (presidensial). Adalah system demokrasi yang memisahkan antara eksekutif dan legeslatif. Dalam demokrasi ini adanya pengangkatan menteri oleh presiden dan para menteri memikul tanggung jawab penuh pada presiden.
c). Demokrasi referendum. Yaitu demokrasi yang menunjukkan adanya pengawasan oleh rakyat pada lembaga legeslatif lewat referendum.

3. Berdasar pada prinsip idiologi
a). Demokrasi liberal. Yakni demokrasi yang dilandasi oleh paham kebebasan individu, dengan mengabaikan kepentingan umum. Contoh negara yag mengaplikasikan demokrasi ini yaitu negara Amerika dan Inggris. Golongan komunis menyebutnya juga sebagai demokrasi kapitalis lantaran kauum kapital (yang memiliki modal) senantiasa menguasai dalam opini penduduk (masyarakat).
b). Demokrasi rakyat. Yakni demokrasi yang dilandasi oleh paham sosialis/komunis dengan memprioritaskan kepentingan negara tetapi mengabaikan kepentingan perorangan. Negara yang mengaplikasikan diantaranya RRC, Rusia, Korea Utara, dan lain-lain.
c). Demokrasi Pancasila. Yakni demokrasi khas di Indonesia yang mempunyai asas demokrasi yaitu musyawarah untuk mufakat dengan memprioritaskan keseimbangan antara kepentingan pribadi dan kepentingan umum.

Demikian artikel Bentuk - Bentuk Demokrasi (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas 8),  Semoga bermanfaat. Untuk melihat seluruh materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dapat dilihat di >> Materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Bentuk - Bentuk Demokrasi (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas 8) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments