Pengertian dan Definisi Proses Sosial (Pelajaran IPS SMK Kelas 10)

Pengertian dan Definisi Proses Sosial (Pelajaran IPS SMK Kelas 10) ~ KamuBisa-iO. Seperti yang diterangkan sebelumnya saat mendalami pengertian interaksi sosial bahwa hubungan sosial mendasari proses sosial. Menurut Gillin and Gillin, proses sosial ada dua bentuk yakni proses sosial asosiatif serta proses sosial disosiatif.

Pengertian dan Definisi Proses Sosial (Pelajaran IPS SMK Kelas 10)

Pengertian dan Definisi Proses Sosial

Proses sosial yang asosiatif
proses sosial yang asosiatif yaitu proses sosial yang berjalan proaktif serta membuahkan keteraturan dan integrasi sosial. Bentuk-bentuk proses sosial asosiatif yakni :

1) Kerja sama (selengkapya lihat di sini)
2) Akomodasi (selengkapya lihat di Akomodasi)
3) Asimilasi (selengkapya lihat di Asimilasi)
4) Akulturasi Sosial (selengkapya lihat di Akulturasi Sosial)

Proses sosial yang disosiatif
Proses sosial yang disosiatif (processes of dissociation) yaitu proses sosial yang mengarah pada perpecahan dan merenggangkan rasa solidaritas kelompok. Bentuk-bentuk poses sosial dissosiatif yakni kompetisi, konflik serta kontraversi sosial. Proses sosial yarng disosiatif bisa mendorong terjadinya konflik sosial serta disitegrasi sosial.

1) Persaingan
Persaingan atau kompetisi yaitu proses sosial yang ditandai oleh persaingan untuk meraih tujuan tertentu. Misalnya. persaingan untuk meraih pekerjaan atau jabatan tertentu, atau persaingan siswa di sekolah untuk meraih peringkat pertama di kelas. 
2) Konflik sosial (selengkapya lihat di sini)
3) Kontraversi sosial (selengkapya lihat di Kontraversi sosial).
Demikian artikel Pengertian dan Definisi Proses Sosial (Pelajaran IPS SMK Kelas 10),  Semoga bermanfaat. Untuk melihat seluruh materi Ilmu Pengetahuan Sosial dapat dilihat di >> Materi Ilmu Pengetahuan Sosial.
Pengertian dan Definisi Proses Sosial (Pelajaran IPS SMK Kelas 10) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
comments